Ini Lho 25 Ide Makanan 1000an, Untuk Jualan yang Laris Manis!

Ada banyak ide jualan makanan 1000an yang bisa kamu jadikan inspirasi bisnis. Lantaran dijual dengan harga Rp1.000, target pasarnya tergolong luas. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga menyukai makanan murah tersebut.

Tak perlu merasa cemas, menjual makanan Rp1.000 masih memberikan kamu keuntungan. Kamu bisa menjual dengan ukuran kecil dan menggunakan bahan baku standar. Meskipun keuntungannya tipis, kamu masih bisa meraup penghasilan besar apabila jualanmu selalu habis.  

Lantaran harganya murah, cukup banyak orang tertarik membeli makanan 1000an dalam jumlah besar. Biasanya makanan ini tidak hanya dikonsumsi sendiri, tetapi untuk dibagikan atau menjadi camilan dalam acara arisan, pengajian, reuni, atau rapat.

Baca juga: 15 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Banyak Peminat dan Pasti Laku!

Daftar Ide Jualan Makanan 1000an 

Kalau kamu ingin memulai bisnis minim modal dengan risiko kecil, ide jualan makanan 1000an ini akan sangat membantu. 

1. Sosis Solo 

Sosis solo sangat populer dijadikan camilan bergizi karena terbuat dari olahan ayam cincang. Kulit sosis solo terbuat dari campuran telur, terigu, dan air. Makanan ini memiliki rasa gurih dan lezat. Biasanya camilan ini disajikan dengan cabai atau saus. 

2. Arem-arem 

Siapa tak kenal arem-arem? Makanan yang terbuat dari beras ini sering dijadikan alternatif sarapan. Tak hanya mengenyangkan, harganya murah dengan isian bervariasi. Mulai dari sayur tempe pedas, kentang wortel, ayam suwir, hingga daging sayuran. 

3. Pukis

Bisa dibilang makanan ini sangat disukai hampir seluruh lapisan masyarakat. Pukis memiliki rasa manis dengan tekstur lembut dan sedikit renyah di luar. Biasanya topping pukis bervariasi, mulai dari meses, kacang, kismis, parutan keju, potongan pisang, hingga sukade.

4. Sempolan

Sempolan merupakan salah satu ide jualan makanan 1000an kekinian yang populer. Terbuat dari campuran tepung terigu dan kanji, makanan ini bisa dibuat dengan atau tanpa ayam cincang. Sebelum digoreng, sempolan akan dicelupkan ke kocokan telur. Sempolan bisa dimakan langsung atau dicelupkan ke kecap dan saus sambal. 

5. Mie Telor Lilit  

Sesuai namanya, makanan ringan ini terbuat dari mie kuning merek apa saja yang dililitkan pada tusuk sate. Sebelum digoreng, lilitan mi akan lebih dulu dicelupkan ke kocokan telur yang diberi bumbu penyedap. Mie telor lilit biasanya disajikan dengan tambahan saus dan kecap. 

6. Bakso/Sosis Bakar dan Goreng 

Jualan seribuan yang selalu diburu pembeli adalah bakso ayam dan sosis ayam. Baik bakso maupun sosis bisa kamu sajikan dengan cara digoreng atau dibakar. Apabila digoreng, bakso atau sosis harus dibalut kocokan telur. Jika dibakar, bakso atau sosis harus ditambahan bumbu kacang atau saus dan kecap. 

7. Martabak Mini 

Banyak orang menyukai martabak. Kamu bisa menjual martabak manis versi mini dengan harga 1000an saja. Pengemasannya hanya perlu menggunakan mika. Toppingnya termasuk standar, terdiri dari meses, keju, kacang, meses keju, meses kacang, atau kacang keju yang diberi susu. 

Selain martabak manis, kamu juga bisa menjual martabak asin mini menggunakan kulit lumpia yang diisi dengan campuran sayuran dan telur kocok. Bisa juga ditambahkan sedikit ayam cincang.

8. Gorengan 

Orang Indonesia sangat menyukai gorengan. Selain dijadikan camilan, gorengan sama pentingnya dengan menu pendamping lauk. Gorengan yang umum dijual seribuan, meliputi tahu, pisang, tempe, combro, bakwan, sukun, misro, cireng, lumpia, dan cakwe.

9. Tahu Pedas Krispi 

Makanan ini terbuat dari tahu yang diberi isian wortel, kubis, dan irisan cabai kemudian dicelupkan ke tepung cair sebelum digoreng. Rasanya gurih dan pedas dengan kulit yang krispi sehingga sangat nikmat dijadikan sebagai camilan. 

10. Dimsum 

Dimsum 1000an biasanya terbuat dari kanji yang diberi isian daging ikan atau ayam cincang. Camilan murah meriah ini biasanya disajikan dengan saus pedas.

11. Pisang Nugget 

Pisang nugget menjadi tren camilan murah dengan rasa enak, topping bervariasi, dan cukup mengenyangkan. Makanan ini terbuat dari pisang kapok yang dicampur adonan kemudian dikukus dan digoreng dengan lapisan adonan tepung hingga keemasan.

12. Onde-Onde 

Onde-onde adalah camilan tradisional yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau. Isian yang manis berpadu sempurna dengan kulit luar yang nyaris hambar. Sangat nikmat.

13. Makaroni Telur 

Makanan yang disebut maklor ini sangat menguntungkan. Bahan bakunya murah dan mudah ditemukan. Proses pembuatan maklor hanya bermodalkan makaroni rebus dan telur. Maklor harus ditambahkan bumbu penyedap, bubuk cabai, ataupun saus supaya lezat.

14. Aci Telur 

Serupa dengan maklor, aci telur juga termasuk bisnis modal kecil. Bahan bakunya tergolong murah, yakni kanji yang dipotong kotak lalu direbus, kocokan telur, bumbu penyedap, bubuk cabai, atau saus sambal.

15. Cilok Isi 

Jualan makanan 1000an yang tak kalah populer adalah cilok. Camilan ini juga terbuat dari tepung kanji. Untuk isiannya bisa menggunakan ayam cincang, abon, sapi cincang pedas, telur puyuh, atau gajih sapi. 

16. Pempek 

Pempek kapal selam maupun lenjer juga bisa kamu jual dengan harga seribuan saja. Pembuatannya sederhana, sama seperti pempek pada umumnya. Hanya saja isian kapal selam cukup menggunakan telur yang telah dikocok. 

17. Sosis Telur 

Sosis telur menjadi populer karena enak dan murah. Sostel biasanya menggunakan potongan sosis ayam yang diberi tusuk sate lalu dimasak dengan campuran tepung dan sayur. Sostel biasanya diberi tambahan mayonaise, saus sambal, dan saus tomat.

18. Corndog Mini 

Corndog mini juga terbuat dari sosis ayam atau sapi yang dibalur ke tepung roti kemudian digoreng hingga kecokelatan. Cara penyajian corndog sama dengan sostel. 

19. Donat Mini 

Mayoritas orang menyukai donat. Kamu bisa menjual donat mini seharga Rp1.000 dengan topping standar, yakni meses cokelat, meses warna-warni, kacang, atau taburan gula halus. 

20. Roti Kukus Mini 

Roti kukus mini termasuk ide jualan makanan 1000an yang menghasilkan banyak cuan. Modalnya hanya sekitar Rp20 ribuan saja. Maklum roti kukus mini tidak menggunakan margarin. Namun, hasilnya tetap lembut dan enak. 

21. Jajanan Pasar 

Jajanan pasar tradisional masih banyak yang dijual seribuan. Contohnya: getuk, kue talam, lemper, risoles sayur, pastel sayur, kue lumpur, bolu kukus, lapis, nagasari, cenil, putu, dadar gulung, sus, kue cubit, gemblong, kue pancong, kue cucur, serabi, dan klepon.

22. Telur Gulung 

Telur gulung merupakan makanan bergizi yang dijual menggunakan tusuk sate dan penyajiannya ditambahkan dengan saus sambal kecap. 

23. Takoyaki 

Takoyaki isi potongan sosis dan ayam cincang bisa kamu jual dengan harga seribuan per buah. Enak dan menguntungkan. 

24. Es Lilin 

Es lilin juga tak kalah populer. Minuman dingin ini bisa kamu jual dengan berbagai varian rasa. Untuk variasi, es lilin bisa ditambahkan dengan isian. Misalnya: agar-agar, nata de coco, kolang-kaling, atau biji selasih.

25. Es Cekek 

Es cekek adalah minuman yang menggunakan plastik dan sedotan. Tidak melulu es teh, tetapi juga rasa buah dan sirup. 

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu jadikan ide untuk jualan yang laris manis. Untuk melancarkan usaha, kamu bisa menyediakan pembayaran QRIS. Berkat QRIS, pembayaran lebih aman, tak perlu menyediakan kembalian, dan mudah merekap data transaksi.

Untuk menggunakan layanan pembayaran QRIS, daftar via web atau mengunduh aplikasi Juragan DOKU! Dijamin ide jualan makanan 1000an bisa makin cuan!