10 Ide Jualan yang Menguntungkan, Siap Banjir Orderan

Berdagang alias jualan adalah salah satu cara yang banyak ditempuh orang untuk meraih pendapatan. Selain mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, berjualan adalah bisnis yang tidak pernah mati karena tersedia banyak sekali opsi produk yang bisa diperdagangkan.

Meski terdengar mudah, faktanya memilih ide jualan yang menguntungkan itu sebenarnya tidak mudah. Sebagai referensi, simak 10 ide jualan menguntungkan yang mudah dilakukan berikut ini!

Baca juga: 7 Ide Usaha Snack Rumahan Kekinian; Murah, Mudah dan Menguntungkan

1. Toko Sembako

Ide jualan pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah dengan membuka toko sembako. Toko sembako umumnya menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari seperti beras, gula, minyak, dan mie instan. Modal yang dibutuhkan untuk usaha toko sembako juga bervariasi, tergantung skalanya. Tapi biasanya kamu sudah bisa memulainya dengan dana kurang dari Rp5 juta rupiah untuk skala kecil.

Usaha sembako merupakan bisnis menguntungkan untuk pemula. Ini karena kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok tidak akan pernah berhenti dan bisa menjanjikan pendapatan yang terus menerus. Selain itu, margin keuntungan yang cenderung stabil membuatnya menjadi pilihan bisnis yang relatif aman dan berkelanjutan.

2. Toko Bahan Makanan dan Kue

Selain membuka toko sembako, toko bahan makanan dan kue juga bisa jadi pilihan bisnis yang menarik. Usaha toko bahan kue dan makanan menguntungkan karena terlibat dalam industri kuliner yang terus berkembang. 

Kelebihan bisnis toko kue dan bahan makanan adalah pasar yang besar dan terus meningkat. Apalagi didukung dengan bisnis makanan viral yang terus berubah setiap tahunnya. Dengan menyediakan beragam bahan berkualitas, toko kamu dapat menarik perhatian pelanggan dari kalangan penggemar memasak hingga pebisnis kuliner, menciptakan potensi keuntungan yang stabil dalam jangka panjang.

3. Agen PPOB

Hanya punya sedikit modal tapi tetap ingin berbisnis? Kamu bisa mencoba peruntungan dengan menjadi agen PPOB. Agen PPOB (Payment Point Online Bank) adalah perantara pembayaran online untuk layanan seperti tagihan listrik, pulsa, dan pembayaran online lainnya. 

Usaha PPOB terbilang menarik karena memberikan kemudahan akses transaksi keuangan kepada masyarakat. Di sisi lain, kamu sebagai agen akan kesempatan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan. Usaha ini juga bisa dimulai dengan modal ratusan ribu rupiah saja. Menarik sekali, bukan?

4. Laundry Kiloan

Ide bisnis berikutnya yang sangat menjanjikan adalah bisnis laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan memiliki prospek yang baik karena meningkatnya mobilitas dan kesibukan masyarakat. Bisnis ini sangat cocok dibuka di area perkotaan atau dekat kampus yang masyarakatnya cenderung sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci sendiri.

Modal awal untuk membuka bisnis laundry kiloan juga bervariasi tergantung lokasi dan skala usaha. Untuk skala rumahan, kamu bisa memulai dengan peralatan yang sudah ada di rumah. Misalnya dengan menggunakan mesin cuci dan setrika milikmu sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa pindah ke ruko dan membeli mesin cuci yang lebih banyak dan lebih canggih lagi.

5. Pom Mini

Bisnis pom bensin mini belakangan semakin populer. Usaha penjualan bahan bakar minyak (BBM) dalam skala kecil ini menjanjikan karena memberikan solusi aksesibilitas BBM di daerah terpencil atau padat penduduk. 

Keuntungan dari bisnis ini antara lain adalah permintaan yang tetap tinggi, margin keuntungan yang stabil, dan peluang untuk keuntungan tambahan dengan menjual produk lain. Dengan menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang sulit mengakses SPBU, bisnis ini memiliki prospek pertumbuhan yang menarik.

6. Toko Perlengkapan Hewan Peliharaan 

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat akan kesejahteraan dan kesehatan hewan peliharaan semakin meningkat. Ini membuat bisnis toko perlengkapan hewan peliharaan cukup potensial untuk dijajaki.

Produk yang bisa kamu jual antara lain makanan, mainan, perlengkapan grooming, dan aksesori hewan. Usaha toko perlengkapan hewan cocok dibuka di kawasan perkotaan atau perumahan dengan populasi hewan peliharaan yang tinggi. Bisnis ini juga bisa sukses di daerah yang ramah hewan peliharaan, karena banyak pemilik hewan mencari kenyamanan dan kebutuhan berkualitas untuk peliharaan kesayangan mereka.

7. Toko Perabot Rumah Tangga

Kalau kamu memiliki ketertarikan pada desain interior rumah, membuka toko perabotan rumah tangga adalah ide yang menarik. Toko perabotan rumah tangga biasanya berbagai furnitur dan barang kebutuhan rumah tangga. Produk yang dijual termasuk sofa, meja, kursi, hingga kebutuhan dekorasi interior rumah.

Perkiraan modal untuk usaha perabot rumah tangga bervariasi, tergantung di mana kamu ingin membukanya. Masyarakat kota dengan penghasilan tinggi mungkin akan membutuhkan perabotan dengan harga yang tinggi juga. Sebaliknya, untuk kawasan pinggiran kota, jenis perabotan juga perlu disesuaikan dengan minat masyarakat setempat.

8. Katering Rumahan

Makanan adalah produk jualan yang menguntungkan dan tidak akan pernah mati. Asal kita pandai memilih jenis makanan yang ingin dijual, bisnis ini bisa bertahan dalam waktu lama. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk berjualan makanan adalah dengan membuka katering rumahan.

Bisnis katering rumahan biasanya menyediakan makanan siap saji untuk acara atau konsumsi harian. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bakat memasak dan passion dalam menyajikan hidangan berkualitas. 

Untuk memulai usaha katering rumahan, sebenarnya tidak butuh modal yang besar. Kamu bisa memulai dengan menjangkau konsumen terdekat seperti tetangga atau orang-orang yang ada di sekitarmu. Kamu juga bisa menawarkan jasa katering secara online di kotamu. Dengan menyasar pasar lokal dan memanfaatkan media sosial untuk promosi, bisnis ini memungkinkan kamu sebagai pelaku usaha untuk membangun pelanggan setia dan mendapatkan reputasi positif dalam industri katering.

9. Warung Nasi

Selain dengan membuka katering rumahan, kamu juga bisa menyalurkan passion-mu di bidang kuliner dengan membuka warung nasi. Bisnis warung nasi menyediakan makanan siap saji harian untuk konsumsi langsung. Kelebihannya antara lain memungkinkanmu memperoleh pendapatan harian. Prospeknya juga cukup menjanjikan, terutama jika warung dibuka di daerah yang strategis.

Warung nasi cocok dipilih jika kamu ingin memasuki industri kuliner secara langsung, menjangkau pelanggan secara konstan, dan menciptakan atmosfer tempat makan yang nyaman. Jika lebih tertarik pada pengalaman langsung berinteraksi dengan pelanggan dan memiliki sumber daya untuk mengelola operasional harian, termasuk persediaan dan staf, bisnis warung nasi cocok untukmu. 

10. Apotek

Bisnis apotek dapat menjadi pilihan yang menguntungkan karena kebutuhan akan obat-obatan yang terus meningkat. Pasarnya luas dan dapat menarik konsumen dari berbagai tempat, terutama jika apotek menyediakan persediaan obat-obatan yang lengkap. Namun, menjalankan usaha ini memerlukan izin resmi dan kehadiran apoteker yang kompeten sebagai penanggung jawabnya. 

Selain obat-obatan, kamu juga bisa memperoleh pemasukan tambahan dengan menyediakan produk-produk pendukung lain. Saat ini, tidak sedikit apotek yang juga menawarkan alat-alat kesehatan seperti pengukur tekanan darah, gula darah, masker, hand sanitizer hingga timbangan badan. Ketersediaan barang yang komprehensif dapat meningkatkan daya tarik apotek  milikmu di mata konsumen.

Itu dia 10 ide jualan yang menguntungkan yang bisa kamu coba. Agar bisnismu bisa berjalan semakin optimal, tak ada salahnya jika kamu bergabung dengan Juragan DOKU yang akan membuat bisnismu Go Digital pastikan kamu menyediakan beragam opsi pembayaran. Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan bersama DOKU.