Catat! 9 Faktor yang Paling Utama Pendukung Keberhasilan Usaha

faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah

Ingin memulai bisnis pertamamu? 9 faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah hal yang harus kamu tahu.

Mengetahui apa saja faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha yang berkelanjutan. Pasalnya, menjalankan bisnis meskipun masih skala UMKM, butuh lebih dari sekadar modal saja.

Supaya bisnis bisa berjalan lancar yuk dicatat 9 faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha berikut ini. 

1. Niat 

Apa yang menjadi niatmu ketika memulai sebuah usaha? Apakah niat itu sangat penting bagimu untuk terwujud melalui bisnis yang kamu pilih? Orang mempunyai banyak niat yang berbeda-beda ketika memulai usaha mereka. Namun, para pebisnis sukses pada umumnya memiliki niat akbar yang mengubah kehidupan banyak orang.

2. Motivasi 

faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah

Poin kedua dari faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah motivasi. Apa yang mendorong kamu untuk memperoleh keberhasilan tersebut? Apakah kamu ingin menaikkan derajat orang tua atau membuktikan nilaimu pada orang-orang yang pernah meremehkanmu? Atau mungkin kamu ingin mengubah nasib orang-orang di sekitarmu?

Semakin kuat motivasi yang kamu punya, maka akan semakin kuat pula dorongan yang akan membantumu untuk terus maju. Motivasi yang kuat juga akan membantumu untuk bangkit ketika menemui hambatan.

3. Karakter

Karakter yang kamu miliki akan berdampak langsung pada bagaimana cara kamu menjalankan bisnis. Seorang pebisnis memiliki karakter yang optimis dan tidak takut pada kegagalan. Selain itu karakter lain yang dibutuhkan untuk bisnis yang sukses adalah orientasi pada masa depan, sehingga mampu untuk melihat peluang.

Memiliki keyakinan untuk sukses adalah karakter lain yang kamu butuhkan saat menjalankan sebuah usaha. Lihat saja Jack Ma, pendiri raksasa ritel daring Alibaba.com, dia bahkan dijuluki “Crazy Jack” karena menjalankan ide-ide yang menurut kebanyakan orang adalah ide yang gila.

Jack Ma yang bahkan awalnya seorang guru bahasa inggris bisa berubah menjadi seorang konglomerat dengan karakternya yang kuat. Salah satu kutipan kata-kata Jack yang terkenal berbunyi, “Sebagai seorang pengusaha, jika kamu tidak optimis, maka kamu berada dalam masalah. Jadi semua orang yang saya pilih, harus optimis”.

4. Luasnya Relasi

Luasnya relasi yang dimiliki seorang pebisnis akan memudahkannya untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu penting bagi kamu yang ingin memulai usaha untuk menjaga relasi yang kamu miliki, terutama yang berkaitan langsung dengan industri yang kamu pilih.

Relasi yang terjaga juga akan membantu proses pemasaran produk usahamu. Jangan pernah remehkan relasi apapun saat sedang membangun usaha. Mungkin saja relasi tersebut yang akan membantu pintu peluang dalam keberhasilan usahamu.

5. Inovasi

Faktor inovasi adalah faktor yang tidak kalah pentingnya dengan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Inovasi tanpa henti adalah hal yang membuat raksasa seperti Google masih bertahan hingga hari ini. Inovasi membuat produk yang kamu buat menjadi berbeda dari produk lainnya. Selain itu, inovasi dibutuhkan agar produkmu tetap relevan sesuai zaman.

Contoh inovasi usaha yang banyak mengubah gaya hidup masa kini adalah transportasi daring. Kini kita tidak lagi harus mencari pangkalan ojek atau menelepon perusahaan taksi untuk mendapatkan layanan transportasi pribadi. Tinggal mengandalkan ponsel pintar saja dan sudah bisa.

6. Kreativitas 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia V, kreativitas diartikan sebagai daya cipta, kemampuan untuk mencipta. Kreativitas mutlak diperlukan untuk mendukung keberhasilan usaha. Bagaimana kamu bisa membuat produk yang menarik pelanggan dan menjadi solusi dari kebutuhan mereka membutuhkan kreativitas.

Kreativitas tidak melulu hanya soal bakat bawaan. Kamu juga bisa mengasahnya, contohnya dengan cara:

  • Menambah pengetahuan mengenai produk dan industri yang kamu geluti
  • Berpikiran terbuka terhadap ide-ide baru meskipun terdengar tidak masuk akal pada awalnya
  • Membiasakan melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang
  • Mencatat ide yang muncul walau terkadang terkesan acak. Nantinya daftar ide-ide ini bisa memunculkan ide baru yang mungkin bisnis kamu butuhkan.

Read more: 9 Ide Usaha yang Menjanjikan Cuan, Apa Saja?

7. Nyali 

Ada banyak risiko dalam dunia bisnis. Berbeda dengan karyawan yang memiliki pemasukan yang pasti setiap bulannya, tidak ada jaminan yang sama dalam berbisnis. Maka dari itu, memiliki nyali dan mental berani mengambil risiko diperlukan oleh seorang yang ingin sukses dalam menjalankan usaha.

Sepanjang mengembangkan usaha, kamu akan banyak dihadapkan pada persimpangan-persimpangan yang mengharuskan kamu mengambil keputusan yang berisiko. Pada saat itu tiba, tentunya kamu harus mempunyai nyali untuk bisa membuat keputusan.

Nyali yang besar juga akan membuat seorang pengusaha tidak takut untuk gagal dan bereksperimen. Seperti kata Bill Gates, pendiri Microsoft, “Untuk bisa menang besar, terkadang kamu harus mengambil risiko yang besar pula.”

8. Tekad Belajar 

Bisnis akan terus berkembang. Akan selalu ada strategi atau teknologi baru yang diciptakan. Menjalankan sebuah bisnis baru juga akan tidak lepas dari kesalahan-kesalahan. Makanya tekad belajar dan memperbaiki diri juga menjadi salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan usaha.

9. Keahlian 

Yang terakhir dari daftar faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah keahlian berbisnis itu sendiri. Keahlian berbisnis akan menentukan bagaimana seorang pengusaha menggunakan sumber daya yang ia miliki. 

Hal ini juga akan membantu pengusaha untuk melihat mana yang merupakan sebuah peluang mana yang merupakan jebakan. Keahlian lain yang juga dimaksud dalam poin ini juga keahlian tentang industri yang digeluti itu sendiri.

Misal, kamu berbisnis pakaian anak-anak. Tentunya kamu harus tahu bagaimana karakter bahan yang cocok dikenakan oleh anak-anak. Seperti apa tren pakaian anak-anak masa kini dan seperti apa pilihan warna yang banyak digandrungi.

Selain itu keahlian mengelola tim yang dipunya dan manajemen keuangan adalah hal krusial lain yang dibutuhkan untuk membuat sebuah usaha yang sukses. 

Nah itu dia 9 faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha yang perlu kamu catat dan resapi baik-baik. Bagaimana? Sudah tahu kamu harus menambah yang mana saja?

Apa malah ternyata kamu sudah punya bisnis sendiri? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat? Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, gabung dengan DOKU, Sekarang!