Pahami Pengertian, Kelebihan, dan Jenis Usaha Perseorangan

jenis usaha perseorangan

Lagi cari usaha yang tepat? Yuk, pelajari dulu tentang pengertian, kelebihan, dan jenis usaha perseorangan biar kamu bisa pilih yang cocok untuk ditekuni.

Tahukah kamu ternyata membuat badan usaha perseorangan tidak memerlukan izin dan tata cara khusus. Kamu bisa bebas berkembang tanpa adanya batasan modal dalam mendirikan usaha. 

Jenis usaha ini juga bersifat fleksibel dari segi waktu, tempat, dan jenis produk. Agar tidak ragu, yuk simak penjelasan tentang pengertian, kelebihan, dan jenis usaha perseorangan

Pengertian Usaha Perseorangan

Secara garis besar usaha perseorangan dapat dijelaskan sebagai salah satu usaha yang hanya dimiliki oleh seseorang atau individu. Usaha jenis perseorangan ini bersifat fleksibel karena memiliki sistem informasi manajemen yang bebas. 

Kamu bisa bebas mengembangkan usaha tanpa adanya ada campur tangan dari pihak lain secara langsung, misalnya pemerintah dalam memanajemeni usaha perseorangan. 

Pada umumnya usaha perseorangan ini terdiri dari skala kecil maupun skala besar. Misalnya usaha yang berskala kecil UMKM dan bisa berkembang menjadi perusahaan besar atau Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). 

Adapun beberapa ciri usaha perseorangan adalah sebagai berikut:

  • Pemilik usaha hanya seorang atau individu.
  • Sistem pengelolaannya masih sederhana.
  • Modal yang dikeluarkan masih terbatas atau tidak besar.
  • Kelangsungan usaha masih tergantung kepada pemilik.
  • Nilai penjualan serta nilai tambah masih relatif kecil.

Read More: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Usaha

Kelebihan Usaha Perseorangan

Berencana mulai membuka bisnis? Coba jalankan usaha perseorangan. Usaha jenis ini memiliki banyak kelebihan, terutama bagi pelaku bisnis pemula. Adapun beberapa kelebihan membuka usaha perseorangan dijelaskan sebagai berikut.

1. Proses pembentukan sangat cepat

Salah satu kelebihan memiliki usaha perseorangan adalah kemudahan dalam proses pembentukan. Kamu sendirilah yang menyiapkan keperluan usaha, mulai dari modal, riset pasar, produk, promosi, hingga proses administrasi. 

2. Bebas mengambil keputusan

Memiliki usaha perseorangan pastinya memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan adalah bebas mengambil keputusan. Dengan membuka usaha kamu bisa mengambil keputusan dengan cepat. Soalnya, semua keputusan di bawah kendali kamu. 

Hal ini dikarenakan pemilik usaha perseorangan memiliki hak penuh untuk melakukannya sendiri tanpa intervensi pihak lain. 

3. Proses administrasi tidak rumit

Ketika membuka usaha perseorangan, kamu diuntungkan dengan proses administrasi yang tidak kompleks. Kamu tidak membutuhkan akta formal, seperti akta pendirian dari notaris. 

Namun, untuk beberapa bisnis tertentu, izin dari Pemerintah Daerah setempat dan surat keterangan domisili diperlukan.

4. Keuntungan semua milik pemilik

Kelebihan dari memiliki usaha perseorangan adalah keuntungan semua milik pemilik. Jadi, jika produk yang dijual laku keras, maka kamu berhak mendapatkan semua keuntungan dari penjualan tersebut. 

5. Pemilik usaha bagian dari manajemen

Pemilik usaha akan terlibat secara aktif dalam manajemen usaha. Hal ini yang akan kamu lakukan ketika merintis usaha perseorangan. 

Kamu wajib mengatur semua mulai dari urusan besar hingga urusan terkecil. Misalnya, mulai dari proses produksi, konten promosi, penyimpanan, pengemasan, hingga laporan keuangan.

Jenis Usaha Perseorangan

Seperti penjelasan di atas, usaha perseorangan biasanya dalam skala kecil dan dikelola secara mandiri. Berikut ini merupakan beberapa jenis usaha perseorangan

Industri kecil

Jenis usaha perseorangan pertama adalah industri kecil. Jenis usaha ini sebenarnya bersifat kompleks. Hal ini dikarenakan industri kecil menerapkan penjualan barang dan jasa disertai pelayanan kepada konsumen. 

Jenis usaha ini juga bisa berasal dari keahlian (skill) pemilik. Untuk membuka usaha industri kecil dapat dimulai dari modal kecil. 

Tenaga kerja yang dibutuhkan juga sekitar 5 hingga 19 orang dan bisa berasal dari lingkungan terdekat kamu. Berikut ini adalah beberapa contoh ide peluang usaha industri kecil.

  1. Anyaman
  2. Rotan
  3. Suvenir pernikahan
  4. Industri rumah tangga
  5. Produksi keramik
  6. Kerajinan kayu dan tanah liat
jenis-usaha-perseorangan

Usaha jasa

Usaha jasa menjadi salah satu dari beberapa jenis usaha untuk perseorangan. Usaha jasa cukup diminati masyarakat karena menawarkan keahlian khusus.

Bisnis jasa juga banyak dilirik karena bersifat fleksibel dan dapat dilakukan tanpa modal. Jika kamu memiliki keahlian dan bakat, coba buka usaha di bidang jasa. Contoh peluang usaha jasa adalah sebagai berikut.

  1. Les privat
  2. Fotografer
  3. Penulis artikel
  4. Penerjemah
  5. Editor
  6. Jasa desain grafis

Usaha pertanian

Selanjutnya jenis usaha perseorangan yang memiliki peluang besar adalah usaha pertanian. Jika kamu tertarik di bidang pertanian, kamu bisa merintis usaha di bidang tersebut. Di sini kamu bisa menjual hasil pertanian yang memiliki potensi jual. 

Apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi digital, kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk menjual hasil pertanian. Target pasar usaha akan lebih menjangkau banyak konsumen. 

Tertarik untuk membuka usaha di bidang pertanian? Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha di bidang pertanian.

  1. Produksi pupuk tanaman
  2. Jual buah dan sayur organik
  3. Budidaya tanaman hias
  4. Usaha tanaman hidroponik
  5. Jual bibit tanaman 

Usaha perdagangan

Usaha dagang paling banyak diminati oleh individu. Apalagi melihat maraknya platform online dan marketplace sebagai media untuk menjual sehingga memudahkan kegiatan jual beli barang dan jasa. 

Usaha ini juga bisa berjalan meskipun kamu hanya sebagai perantara yang menjual produk dari pedagang lain. Selain bersifat fleksibel, usaha jual beli tidak memerlukan modal besar dan keahlian khusus. 

Produk yang dijual juga bervariasi sehingga peluang usaha dagang cukup besar dan luas. Pastinya dapat menjangkau banyak konsumen di berbagai wilayah. Berikut ini merupakan jenis usaha dagang yang bisa kamu coba.

1. Dropship atau reseller

Usaha yang membutuhkan modal yang kecil dan mudah dilakukan adalah dropship atau reseller

Kamu hanya menjadi agen pemasaran yang memasarkan produk berbekal katalog produk. Ketika barang berhasil terjual pemilik usaha yang akan mengirimkan barang ke pembeli.

2. Pengecer

Salah satu usaha dagang yang siapa saja bisa lakukan adalah pengecer. Dengan memiliki modal kecil, kamu bisa mengecer barang-barang untuk warung atau toko kelontong. 

Jika berhasil, usaha ini bisa menjadi besar dan menyasar ke minimarket, supermarket, sampai ke usaha online.

3. Ekspor impor

Memiliki jaringan pergaulan yang luas? Coba pertimbangkan usaha ekspor impor. Di usaha ini kamu harus mencari calon penjual tepercaya dari luar untuk membeli barang.

Barang-barang luar impor tersebut bisa dijual di dalam negeri. Sebaliknya, kamu juga bisa mencari calon pembeli dari luar negeri untuk menjual semua produk. 

4. Agen

jenis-usaha-perseorangan

Peluang usaha dagang lain yang bisa dipertimbangkan adalah menjadi agen penjualan. Usaha ini juga membutuhkan jaringan yang luas dan bisa dilakukan secara online dan offline. Hal ini dikarenakan agen menjadi perantara antara pengecer dan distributor.

Inilah penjelasan tentang pengertian, kelebihan, serta jenis usaha perseorangan. Tertarik untuk mulai buka usaha sendiri? Selain modal dan jenis usaha, kamu juga harus memperhatikan kemudahan para konsumen bertransaksi di tokomu melalui ragam metode pembayaran. 

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!