7 Ide Usaha Snack Rumahan Kekinian; Murah, Mudah dan Menguntungkan

usaha snack rumahan

Memulai bisnis makanan ringan memang terbilang cukup mudah. Kamu bahkan bisa memulainya dari rumah dan dengan modal yang tidak terlalu besar. Berikut informasi lengkapnya. 

Ingin mendapatkan income tambahan dengan bisnis kecil-kecilan? Kamu bisa memulainya dengan menjual makanan ringan atau snack rumahan kekinian. Selain persiapannya yang cukup mudah, bisnis ini juga tergolong potensial mengingat semua orang pasti suka mengonsumsi camilan, entah di waktu senggang atau di antara waktu makan. 

Tak hanya itu, bisnis ini juga tak harus dimulai dengan modal besar. Kamu bisa memulai usaha snack rumahan sesuai dengan ketersediaan modal, menggunakan peralatan yang tersedia di rumah, serta memasarkannya di warung terdekat. Baru kemudian, seiring waktu dan perkembangan usaha, kamu bisa mulai meningkatkan kualitas layanan dan pemasaran bisnis. 

Alasan Mengapa Harus Berbisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan ini bisa menjadi pilihan menarik bagi kamu yang ingin memulai terjun ke dunia usaha. Ada beberapa alasan mengapa bisnis ini patut dipilih, di antaranya;

  • Permintaan pasar tergolong cukup tinggi. Bisa dikatakan bahwa target pasar makanan ringan cukup luas, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, atau bahkan usia di atasnya. Makanan ini sendiri kerap dikonsumsi di berbagai situasi, seperti ketika bersantai, berkumpul bersama teman atau keluarga, saat nonton film, atau bahkan dihidangkan sebagai jamuan. Karenanya tak heran jika permintaan pasar akan terus meningkat dan berkembang. 
  • Potensi pasar cukup luas. Faktanya, usaha makanan ringan ini memiliki potensi pasar yang sangat luas karena bisa dijual di berbagai tempat. Mulai dari toko kelontong, kios, minimarket, swalayan, toko online, atau bahkan bisa menjadi pilihan merchandise ketika acara-acara tertentu. Makanan ini juga bisa dijual dalam berbagai kemasan sesuai dengan segmen atau preferensi konsumen. 
  • Modal usaha relatif rendah. Dibanding usaha makanan lainnya, bisnis makanan ringan bisa dimulai dengan modal yang relatif rendah. Ini tentu bisa menjadi pilihan tepat bagi pebisnis pemula yang terkendala masalah dana. Sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan peralatan seadanya di rumah untuk memproduksi snack atau makanan ringan tersebut. 
  • Fleksibilitas dalam varian produk. Di industri makanan ringan ini, kamu bisa menciptakan banyak varian produk. Entah dari segi rasa, bahan, ukuran, hingga kemasan yang berbeda. Intinya, pengusaha bisa berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan berbagai pilihan produk menarik yang bisa meningkatkan daya tarik pasar. 
  • Cukup mudah didistribusikan dan cenderung tahan lama. Kelebihan lain, usaha snack rumahan cukup mudah untuk didistribusikan. Di sini, kamu bahkan bisa menitipkan produk tersebut di warung-warung terdekat, memasarkannya secara online, atau menjualnya langsung di momen-momen tertentu seperti Car Free Day (CFD) dan lainnya. Sebagian produk, khususnya makanan ringan kering memiliki masa simpan yang relatif lama sehingga pengusaha bisa lebih efisien mengatur penyimpanan dan pendistribusian. 

Itulah beberapa alasan mengapa bisnis makanan ringan bisa menjadi pilihan tepat untuk membuka usaha. Dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik dalam hal produksi, packaging, distribusi, serta pemasaran, bisnis ini tentu berpotensi menghasilkan keuntungan menjanjikan. 

7 Ide Usaha Snack Rumahan yang Bisa Dicoba

Pada dasarnya, ada banyak ide bisnis makanan ringan yang bisa dicoba. Berikut beberapa di antaranya;

1. Aneka Gorengan

usaha snack rumahan

Tak bisa dimungkiri bahwa gorengan merupakan camilan favorit bagi sebagian besar orang, termasuk bagi anak-anak dan remaja. Di sini, kamu bisa menjual aneka gorengan, mulai dari pisang goreng, tahu isi, bakwan, cireng, hingga makanan kekinian seperti sosis dan telur gulung. Aneka ide gorengan tersebut bisa kamu variasi dengan citarasa yang lezat dan tampilan menggoda. Dijamin, ini akan menjadi kesukaan anak-anak dan laku keras. 

2. Aneka Keripik

Dengan rasa gurih dan renyah, aneka olahan keripik telah menjadi camilan favorit bagi semua kalangan. Makanan ini bisa menjadi teman yang pas ketika bersantai, saat menonton film, atau bahkan dihidangkan sebagai jamuan. 

Karenanya, membuat aneka keripik bisa menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Kamu bisa membuat keripik berbahan dasar tempe, kentang, talas, tahu, kangkung, usus, melinjo, atau bahkan dari buah-buahan seperti keripik apel dan lainnya. Kamu bisa mengolah aneka keripik ini dengan berbagai variasi rasa dan ukuran kemasan. 

3. Aneka Olahan Tahu

Siapa yang menyangka bahwa makanan sederhana seperti tahu bisa menjadi sumber pendapatan bisnis. Dengan ide kreatif, kamu bisa mengolah tahu menjadi berbagai makanan ringan yang enak dan disukai banyak orang. 

Terdapat berbagai ide olahan tahu yang bisa dicoba, mulai dari tahu goreng crispy, tahu aci, tahu jeletot, martabak tahu, nugget tahu, tahu petis, tahu walik, tahu isi, dan tahu bakso. Dengan pengolahan yang tepat, dijamin aneka olahan tahu ini bisa menjadi pilihan camilan yang tak kalah menggiurkan. 

4. Makaroni dan Camilan Pedas

Makaroni dan aneka camilan pedas merupakan salah satu jenis makanan ringan yang tengah digemari banyak orang, khususnya generasi muda. Rasa pedasnya yang kuat serta teksturnya yang renyah dijamin sangat menggugah selera dan bikin ketagihan. Apalagi, kamu juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera. 

Aneka camilan pedas yang dapat dengan mudah dibuat dan dijual di antaranya seperti; makaroni pedas, seblak, basreng, mie lidi, cireng isi, keripik kentang balado, emping melinjo pedas, dan masih banyak lagi. 

5. Makanan Berukuran Mini

Ide usaha snack rumahan yang juga bisa dicoba adalah membuat beraneka makanan atau camilan berukuran mini. Selain menawarkan kesan lebih cantik karena ukurannya yang mungil, camilan mini ini juga memiliki kalori lebih sedikit sehingga cocok bagi yang sedang diet atau menjaga pola makan. 

Kamu bisa menyediakan snack ini dalam dua rasa, yakni manis dan gurih atau salah satu di antaranya. Untuk jajanan gurih, kamu bisa membuat sosis solo, risol mayo, pizza mini, lemper abon, makaroni panggang, atau lainnya. Sedangkan untuk camilan manis, aneka kue, puding buah, dan beragam dessert juga bisa dibuat versi mini. 

6. Camilan dengan Isian atau Topping

usaha snack rumahan

Sebagai pengusaha makanan ringan, kamu tentu dituntut untuk bisa kreatif menyajikan hidangan kudapan. Salah satu caranya adalah dengan mengkreasikan topping di atas kue atau camilan tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa membuat pisang nugget, banana rolls, pisang coklat, crepes, atau donat, dan menaburkan berbagai topping di atasnya. Mulai dari keju, cokelat, palm sugar, meses, selai kacang, taburan oreo, dan masih banyak lagi. 

7. Makanan Ringan ala Cafe

Meski usaha dari rumah, kamu tetap bisa berkreasi menyediakan makanan ringan ala kafe dengan rasa yang tak kalah ciamik. Kamu bisa menjual camilan seperti Klapertart panggang, waffle, macaroni schotel, churros, pancake, egg tart, kentang goreng, dan lainnya. Tentunya, jangan lupa sesuaikan harga jual dengan target konsumen agar usaha bisa laris manis. 

Baca juga: Cari Peluang Bisnis Omset Besar? Berikut 10 Rekomendasinya!

Itulah beberapa ide usaha snack rumahan yang bisa dicoba. Dengan kreativitas dan manajemen yang baik, bukan tidak mungkin jika nantinya usaha ini bisa menghasilkan keuntungan cukup besar. 

Agar proses bayar pelangganmu gampan, tak ada salahnya jika kamu bergabung dengan Juragan DOKU yang akan membuat bisnismu Go Digital. Sahabat berjualan persembahan DOKU iini menawarkan berbagai fitur yang mendukung aktivitas bisnis sehingga usahamu akan lebih mudah menjangkau calon pelanggan.

Adapun fitur utama yang direkomendasikan adalah fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR.
Jadi, tunggu apa lagi? Segera gabung Juragan DOKU di sini atau unduh aplikasinya secara gratis di website ini, atau bisa juga melalui smartphone di Play Store maupun App Store. Pakai Juragan DOKU, usaha pasti makin gencar.

Juragan DOKU App