Payment Gateway: Pengertian, Cara Buat, dan Manfaatnya

Payment Gateway adalah

Pengertian Payement Gateway – Bisnis online di zaman sekarang bukan lagi sesuatu yang baru. Untuk memulai bisnis ini kita tidak hanya butuh perencanaan, tetapi juga penyusunan anggaran, dan mempersiapkan toko online atau website.

Untuk memberikan layanan terbaik, kita juga perlu menyediakan pilihan pembayaran yang mudah, aman, dan beragam. Inilah mengapa bisnis online masa kini butuh bekerja sama dengan jasa payment gateway.

Mengenal Payment Gateway

Secara teknis, payment gateway adalah sebuah sistem pembayaran yang bertugas membaca dan mentransfer informasi pembayaran dari pembeli ke rekening bank penjual.

Layanan ini membuat sistem cek pembayaran lebih cepat sehingga transaksi online bisa diselesaikan pembeli dengan mudah. Berbeda dengan sistem pembayaran digital lainnya, payment gateway melayani banyak metode pembayaran.

Pembeli bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, virtual account, kartu debit, dompet digital, atau bahkan gerai minimarket. Pilihan pembayaran yang beragam ini tentu menarik pembeli.

Dengan sistem beragam, pembeli tidak perlu bingung ketika harus membayar transaksi mereka. Penjual juga tidak perlu repot registrasi di banyak channel pembayaran.

Dengan registrasi di satu jasa payment gateway saja, kita bisa mengakomodasi kebutuhan pembayaran semua pelanggan. Untuk lebih memahami tentang sistem kerja layanan pembayaran ini, mari kita bahas cara kerjanya.

Ketika bertransaksi, konsumen pasti akan memilih produk sebelum melakukan checkout. Saat checkout, toko akan mengirimkan data pembelian konsumen termasuk metode pembayaran yang dipilih ke jasa payment gateway.

Begitu pembayaran dilakukan, payment gateway akan meneruskan informasi ke rekening bank atau institusi terkait sesuai dengan pilihan pelanggan. Jika berhasil, sistem payment gateway akan mengirimkan notifikasi ke toko online sehingga proses packing bisa dilakukan.

Institusi keuangan yang menerima dana tadi tentu akan meneruskan biaya pembayaran kepada toko online. Transaksi melalui payment gateway pun selesai dilakukan.

Meskipun kelihatannya butuh proses panjang, tahapan-tahapan di atas sebenarnya berlangsung cukup singkat. Proses tersebut diperlukan supaya transaksi benar-benar terjamin keamanannya.

Sistem semacam ini dianggap memiliki banyak manfaat baik bagi pembeli maupun penjual. Pembeli dimudahkan transaksinya, penjual juga dimudahkan dalam mengontrol dan mencatat setiap transaksi yang masuk.

Dalam prosesnya, payment gateway menggunakan sistem keamanan bertingkat. Di antaranya:

  • Address Verification System

Dikenal pula dengan sebutan sistem verifikasi alamat, sistem ini akan membantu melacak dan memeriksa alat yang tercantum dalam data pembayaran yang menggunakan kartu debit atau kredit terdaftar. Jadi apabila terjadi peretasan, sistem akan mengetahuinya.

  • Card Security Code

Payment gateway juga dilengkapi dengan sistem yang mengharuskan kita untuk memasukkan kode keamanan dalam setiap transaksi. Jadi secara otomatis sistem akan meminta kode verifikasi yang valid sebagai bentuk keamanan setelah nomor dimasukkan.

  • 3D Password Secure

Lapisan keamanan terakhir ini berperan sebagai alat untuk mengotorisasi setiap transaksi secara online yang dilakukan oleh konsumen. Jadi penjual tidak perlu repot melakukan validasi, karena sistem payment gateway akan melakukan ini semua untuk kita.

Cara Menggunakan Payment Gateway

Setelah membaca ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa payment gateway adalah layanan penyedia sistem pembayaran yang aman dan seharusnya jadi mitra setiap bisnis online. Bagaimana, tertarik menggunakan payment gateway?

Jika iya, langkah awal adalah mencari jasa yang terpercaya. Salah satu yang cukup banyak direkomendasikan adalah DOKU. Sebagai pionir payment gateway, DOKU telah melayani ratusan ribu klien dari level UMKM sampai enterprise.

Selama itu mereka juga telah mengembangkan layanannya menjadi semakin profesional sehingga tidak salah apabila banyak yang menggunakan jasa DOKU. Untuk membuat payment gateway di DOKU, kamu bisa mengunjungi situs DOKU.

Setelah itu klik menu “Mulai Sekarang” di halaman utama. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman pengisian data untuk melanjutkan proses registrasi akun. Di sini kita akan diminta memasukkan sejumlah informasi seperti nama, merek dagang bisnis, nomor ponsel, dan kata sandi.

Jika sudah bisa registrasi, kita akan melihat beberapa fitur dan produk yang bisa dipilih untuk mendukung bisnis digital. Untuk bekerja sama resmi, silakan hubungi tim sales DOKU.

Tim tersebut nantinya akan mengarahkan ke pembuatan payment gateway untuk bisnis online kita. Tim sales juga akan memberi saran produk apa saja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Apabila di tengah perjalanan penggunaan payment gateway kamu menemukan masalah, jangan khawatir. DOKU punya sistem layanan pelanggan yang siap setiap saat untuk mengatasi masalah dan memberikan solusi terbaik mereka.

Read more: Makin Banyak! 3 Sistem Pembayaran Non Tunai yang Ada Saat Ini

Manfaat Payment Gateway

Setelah membahas segala hal tentang payment gateway, mulai dari pengertian, cara kerja, sistem keamanan, hingga cara pembuatannya, selanjutnya mari kita bahas tentang manfaat payment gateway

Beberapa manfaat payment gateway adalah:

1. Metode Pembayaran Variatif

Memiliki sistem yang mendukung multichannel membuat payment gateway memiliki beragam metode pembayaran variatif. Segala jenis pembayaran dilayani oleh payment gateway, mulai dari virtual account, e-wallet, e-money, transfer rekening, hingga QRIS.

Dengan metode pembayaran yang bervariasi ini, payment gateway tentu akan membuat bisnis online memiliki nilai lebih di mata konsumen. Konsumen pasti lebih tertarik dengan toko yang mampu mengakomodasi kebutuhan pembayaran mereka.

Selain itu, beban administrasi yang biasanya harus ditanggung konsumen juga tidak akan ada karena semua metode pembayaran tersedia. Jadi bisa dipastikan bisnis yang menggunakan jasa payment gateway, pasti akan banyak diminati orang.

2. Transaksi Lebih Cepat

Entah itu menggunakan metode pembayaran yang paling sederhana seperti QRIS atau yang paling ribet seperti kartu kredit, payment gateway membuat semua transaksi berlangsung lebih cepat. Dalam hitungan detik saja, penjual sudah menerima dana.

Kecepatan ini tentu dibutuhkan oleh pembeli maupun penjual. Transaksi yang cepat pasti akan membuat pelanggan tertarik untuk berbelanja lagi di tempat kita. Diakui atau tidak, di era digital ini, kecepatan adalah kunci kesuksesan.

3. Tingkat Keamanan Tinggi

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, payment gateway seperti DOKU punya 3 lapis sistem keamanan. Masing-masing menawarkan proses yang benar-benar terjamin. Jadi soal ini kita tidak perlu ragu.

Tidak hanya bagi pembeli, bagi penjual sistem keamanan payment gateway juga mampu mencegah adanya transaksi fiktif. Jadi jika ada upaya ini, pemilik bisnis bisa terhindar dari risiko merugi.

Dari segi hukum, payment gateway termasuk salah satu layanan pembayaran yang diakui pemerintah, memiliki dasar hukum jelas, dan berada di bawah naungan OJK serta BI. Jadi soal regulasi dan legalitas, kita tidak perlu khawatir. Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!