9 Ide Usaha Kosmetik dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

usaha kosmetik

Usaha kosmetik dan kecantikan memang menarik untuk digeluti. Namun, apa saja pilihannya? Berikut sembilan daftarnya yang bisa kamu coba.

Usaha kosmetik merupakan salah satu bisnis yang selalu diminati dan tidak pernah kehilangan pasar. Bahkan, kini permintaannya makin melonjak karena makin banyak orang yang sadar akan pentingnya merawat diri dan tampil menarik.

Sekarang ini, ada beragam produk kosmetik dan layanan kecantikan yang tersedia dalam berbagai bentuk. Oleh karena itu, ada banyak opsi yang bisa dipilih jika kamu ingin terjun ke bisnis ini. Berikut sembilan di antaranya.

1. Produk Makeup

Kegiatan merias diri sudah menjadi kebiasaan umum bagi banyak wanita, terutama saat ingin datang ke acara penting. Oleh sebab itu, permintaan untuk berbagai produk makeup pun selalu tinggi, karena sudah menjadi kebutuhan.

Hal ini tentu bisa jadi peluang yang bagus untuk mengembangkan bisnis produk makeup. Kamu bisa memilih untuk mengembangkan merekmu sendiri atau menjadi distributor merek yang sudah terkenal.

Apa pun pilihanmu, hal yang terpenting adalah produk makeup tersebut harus sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum dipasarkan. Hal ini diperlukan agar keamanan produk lebih terjamin.

2. Produk Skincare

Selain makeup, produk lain yang cocok untuk usaha kosmetik adalah skincare. Meskipun sama-sama produk kecantikan, tetapi kedua produk ini memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Makeup adalah produk riasan seperti bedak, contour, lipstik, maskara dan eyeliner. Sedangkan skincare merupakan produk perawatan kulit seperti cleanser, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen.

Selain itu, skincare umumnya digunakan secara rutin setiap hari, mulai dari pagi hingga malam untuk merawat kulit. Sedangkan, makeup biasanya digunakan pada saat-saat tertentu, misalnya ketika ingin menghadiri pesta.

Apakah kamu tertarik untuk berbisnis skincare? Jika iya, mulailah untuk mengembangkan produkmu sendiri atau bisa juga menjual produk yang sudah ada.

Jangan lupa, pastikan produk skincare yang kamu jual aman dan sudah berizin dari BPOM. Dengan begitu, kamu bisa menghindari masalah terkait perizinan dan memastikan produk tersebut aman digunakan oleh konsumen.

3. Eyelash Extension

usaha kosmetik

Setiap wanita sering kali mengidamkan mata yang menarik, terutama bulu mata yang lentik dan memikat. Salah satu cara yang sering mereka pilih adalah melalui eyelash extension atau pemasangan bulu mata tambahan.

Bisnis eyelash extension sedang berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan wanita yang ingin tampil cantik dan percaya diri. Jika kamu tertarik, kamu pun bisa ikut menggeluti bisnis ini.

Namun, sebelum itu, ada baiknya kamu mengikuti pelatihan dan sertifikasi terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan dan sertifikat agar bisa membuka layanan ini dengan profesional.

4. Salon Kecantikan

Dalam hal merawat rambut, kebanyakan wanita memiliki kemampuan terbatas, seperti keramas, mengeringkan, menyisir, dan mencatok rambut mereka sendiri. Sedangkan untuk perawatan yang lebih kompleks, mereka perlu datang ke salon.

Inilah sebabnya bisnis salon kecantikan bisa jadi pilihan yang menarik, karena tingkat permintaannya tinggi. Dalam bisnis ini, kamu akan menyediakan berbagai layanan seperti potong rambut, style rambut, pewarnaan, dan perawatan lainnya.

Jika ingin membuka salon kecantikan, kamu perlu mempersiapkan peralatan seperti cermin, kursi styling, dan perlengkapan lainnya. Selain itu, kamu juga butuh tim berpengalaman untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan.

5. Makeup Artist

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah makeup artist kian populer dibicarakan. Makeup artist sendiri merupakan seseorang yang mahir dalam merias wajah orang lain. Jika kamu punya hobi merias, profesi ini tentu sangat menarik untuk ditekuni.

Profesi makeup artist tentu sangat menggiurkan, karena biasanya memiliki tarif yang tidak murah. Selain itu, permintaan untuk jasa ini juga cukup tinggi, yang bisa datang dari calon pengantin, wisudawati, peserta karnaval, dan pelanggan lainnya.

Untuk menjadi seorang makeup artist profesional, kamu membutuhkan skill dan jam terbang yang tinggi. Namun, jangan khawatir, ada banyak kursus dan pelatihan yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan keterampilan ini.

6. Henna Artist

Tidak hanya rias wajah dan rambut, kini semakin banyak calon pengantin yang ingin mempercantik tangan mereka dengan seni henna. Oleh karena itu, profesi sebagai henna artist pun layak untuk dilirik.

Selain dalam upacara pernikahan, henna juga terkadang dipakai di acara lain atau sekadar untuk bersenang-senang. Dengan begitu, pelanggan potensial bisnis ini pun jadi semakin luas.

Apakah kamu memiliki bakat seni lukis atau tidak, menjadi henna artist bisa jadi yang menarik. Kemampuan melukis dengan henna dapat dipelajari, dan kamu bisa mengikuti berbagai kursus henna yang banyak ditawarkan.

7. Beauty Vlogger

usaha kosmetik

Jika kamu seorang penggemar kecantikan, berbagi pengetahuan dan informasi dengan orang lain bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan. Caranya, buatlah channel YouTube dan ciptakan konten menarik secara teratur.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu jadikan konten. Misalnya, kamu bisa membuat tutorial makeup, melakukan review produk, atau mengikuti berbagai challenge kecantikan yang sedang viral.

Jika channel-mu sudah mencapai jumlah subscriber dan jam tayang tertentu, kamu pun bisa mulai menampilkan iklan dan mendapatkan penghasilan. Selain itu, peluang penghasilan juga bisa datang dari endorsement dan affiliate marketing.

Makin banyak orang yang menonton videomu, makin besar pula peluangmu untuk mendapatkan penghasilan. Jadi, fokuslah pada pembuatan video yang menarik dan konsisten untuk meningkatkan jumlah penonton dan subscriber channel-mu.

8. Produk Parfum

Ide usaha kosmetik lain yang bisa kamu coba adalah berjualan parfum. Sama seperti produk kosmetik lain, parfum juga tidak pernah sepi dari pembeli karena sudah menjadi kebutuhan, khususnya saat seseorang hendak keluar rumah.

Tak hanya untuk tampil wangi dan percaya diri, parfum juga bisa mencerminkan kepribadian pemakainya. Lebih dari itu, penggunaan parfum juga akan memberikan kesan positif bahwa orang tersebut bersih dan rapi.

Jika kamu tertarik untuk memulai usaha parfum, ada beberapa opsi yang bisa dipilih seperti mengembangkan formula parfum sendiri, menggunakan jasa maklon, atau memasarkan produk parfum yang sudah terkenal dan diminati.

9. Produk Skincare Khusus Pria

Sekarang ini, makin banyak pria yang peduli dengan kebersihan dan penampilannya. Alih-alih menggunakan produk skincare wanita, mereka cenderung lebih memilih menggunakan produk skincare yang khusus dirancang untuk pria.

Oleh sebab itu, bisnis skincare khusus pria bisa jadi pertimbangan yang menarik. Tidak harus melakukan produksinya sendiri, kamu juga bisa bekerja sama dengan perusahaan maklon untuk menciptakan produk skincare pria berkualitas.

Untuk pemasarannya, kamu bisa menjual produk tersebut secara online di website sendiri dan berbagai marketplace online. Selain itu, kolaborasi dengan reseller dan dropshipper juga bisa jadi strategi yang efektif untuk memperluas jangkauan bisnis.

Itulah sembilan ide usaha kosmetik dan kecantikan yang bisa jadi inspirasi bagi kamu untuk memulai berbisnis. Dari daftar di atas, kamu bisa memilih jenis usaha kecantikan mana yang paling sesuai minat dan kemampuanmu.

Baca juga: Strategi Jitu Cara Meningkatkan Penjualan di Era Bisnis Digital

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Juragan DOKU

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!