Apa Itu Payment Online? Simak Sejarah, Manfaat dan Metode yang Paling Banyak Dipakai di Indonesia!

Apa yang dimaksud dengan payment online? Bagaimana sejarahnya, apa manfaat dan metode apa yang paling banyak dipakai di Indonesia?

Online payment atau payment online adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sistem pembayaran yang dilakukan secara online ini merupakan salah satu contoh kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Dengan online payment, tidak hanya bisnis, konsumen juga bisa mendapatkan kemudahan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang payment online, bagaimana sejarah, apa saja manfaatnya dan jenis payment online apa saja yang banyak digunakan di Indonesia!

Baca juga: Panduan Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur untuk Pemula!

Pengertian Payment Online

Secara umum, payment online atau pembayaran online merujuk kepada semua metode pembayaran yang dilakukan lewat internet. Prosesnya melibatkan transfer dana dari rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit pembeli ke rekening penjual. Pembayaran online memudahkan pembelian barang atau jasa dari penjual.

Pembeli dan penjual melakukan transaksi melalui aplikasi pembayaran online, tempat pembeli mentransfer dana dan penjual menyediakan barang atau jasa. Kedua pihak menggunakan aplikasi pembayaran online untuk menyelesaikan transaksi mereka dengan mudah.

Sejarah pembayaran online dimulai pada tahun 1871 dengan debut transfer dana elektronik oleh Western Union di Amerika Serikat. Ini memungkinkan pembayaran barang dan jasa tanpa harus saling bertatap muka secara langsung. 

Perkembangan terus berlanjut, termasuk diluncurkannya kartu kredit modern pertama oleh Bank of America pada 1958. Namun, sejarah besar baru dimulai pada tahun 1960-an. Saat itu ARPANET (internet yang kita kenal hari ini) diluncurkan oleh U.S. Advanced Research Projects Agency Network. Inilah yang kemudian membuka jalan bagi evolusi metode pembayaran seperti yang kita kenal hari ini.

Manfaat Payment Online

Salah satu alasan meningkatnya popularitas payment online adalah manfaat yang dimilikinya. Apa saja manfaat dari metode pembayaran online ini baik bagi konsumen maupun pemilik bisnis? 

Proses Pembayaran yang Cepat

Pembayaran online mempercepat proses transaksi, memungkinkan penerimaan dana dalam hitungan jam atau bahkan menit, meningkatkan likuiditas bisnis. Pembayaran online juga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi, menghindarkan konsumen dan bisnis dari antrian di bank atau proses manual yang memakan waktu.

Kemudahan Transaksi

Konsumen tidak perlu repot-repot dengan transfer bank, cukup memasukkan rincian kartu atau menggunakan opsi penyimpanan informasi pembayaran untuk pengalaman pembelian yang lebih mudah.

Secara umum, adanya pembayaran online yang bisa diintegrasikan dengan platform bisnis online akan membantu menciptakan pengalaman belanja yang lebih memuaskan. Konsumen dapat melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja dengan akses internet, memberikan kenyamanan yang lebih besar dalam berbelanja.

Efisiensi Bisnis

Dengan adanya sistem payment online, bisnis dapat mengelola arus kas dengan cara yang lebih efisien. Ini akan membantu mengurangi keterlambatan pembayaran dan meminimalisasi risiko kekurangan dana. Bisnis juga dapat dengan mudah memantau transaksi secara real-time, memungkinkan respons cepat terhadap perubahan keuangan dan permintaan pasar.

Selain itu, sistem pembayaran online sering kali menyediakan laporan keuangan otomatis, menyederhanakan proses pelaporan dan pencatatan keuangan bisnis. Dengan transaksi yang lebih efisien dan pembayaran yang cepat, bisnis dapat menjaga kelangsungan operasionalnya tanpa kendala keuangan yang berlebihan.

Keamanan yang Lebih Baik

Sistem keamanan tinggi dalam pembayaran online melindungi informasi finansial konsumen dan bisnis dari potensi ancaman keamanan.

Fleksibilitas Bisnis

Pembayaran online memungkinkan transaksi lintas batas tanpa hambatan geografis, mendukung ekspansi bisnis ke pasar internasional. Kemudahan pembayaran online juga dapat membantu meningkatkan peluang konsumen untuk menyelesaikan pembelian, menghasilkan peningkatan penjualan bagi bisnis.

Metode Payment Online yang Paling Banyak Dipakai di Indonesia 

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, tidak heran jika semakin banyak bisnis yang mulai mengimplementasikan sistem pembayaran online. Di Indonesia, metode payment online yang digunakan pun bermacam-macam. Simak beberapa opsi yang paling populer berikut ini!

1. Virtual Account

Virtual Account, metode pembayaran yang populer di Indonesia, merupakan akun sementara untuk melakukan transaksi atas nama akun fisik. Setiap pelanggan diberikan nomor Virtual Account (VA) unik untuk setiap transaksi, menghilangkan kebutuhan untuk mendaftarkan nomor rekening pengirim, seperti pada transfer antarbank. 

Dari perspektif penjual, Virtual Account mempermudah dengan menghilangkan validasi manual, karena setiap VA bersifat unik, memungkinkan penyesuaian otomatis jumlah pembayaran dan jenis penggunaan, menghemat waktu dalam proses identifikasi pembayaran.

2. Pembayaran OTC (Over the Counter)

Pembayaran over-the-counter (OTC), metode pembayaran terpopuler di sektor ritel Indonesia, melibatkan pelanggan yang melakukan transaksi melalui petugas atau kasir di gerai ritel seperti Indomaret atau Alfamart. Metode ini mengikuti proses checkout online, memudahkan pembeli tradisional dan mereka di daerah pedesaan yang memiliki akses terbatas ke bank.

Pembayaran OTC memfasilitasi bisnis online untuk mencapai segmen pelanggan baru, terutama mereka yang belum sepenuhnya mengadopsi pembayaran digital. Di Indonesia, rantai ritel, khususnya minimarket, memanfaatkan metode ini untuk melayani populasi yang belum memiliki rekening bank.

3. QRIS

Mulai 1 Januari 2020, Bank Indonesia menyuruh semua penyedia layanan pembayaran non-tunai untuk menggunakan QRIS (Quick Response [QR] Code Indonesian Standard). QRIS memungkinkan pemilik bisnis menawarkan berbagai metode pembayaran termasuk transfer bank dan dompet elektronik (e-wallet).

4. e-Wallet

e-Wallet atau dompet digital semakin populer di Indonesia karena jumlah penduduk tanpa rekening bank yang tinggi. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia, 36% penduduk Indonesia tidak memiliki rekening bank, angka yang jauh lebih tinggi dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia (8%) dan Thailand (18%).

Dompet digital mencoba memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh bank, dengan menyediakan proses pendaftaran yang lebih mudah. Pelanggan dapat mendaftar hanya dengan nomor telepon untuk mengakses fitur dasarnya, seperti melakukan pembayaran di berbagai toko online dan offline.

5. Kartu Kredit

Kartu Kredit adalah metode pembayaran online yang memungkinkan kamu meminjam dari bank untuk membayar pembelian, dengan kesepakatan bahwa kamu akan mengembalikannya pada tanggal jatuh tempo tagihan. Jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu, kamu akan dikenakan biaya bunga.

Metode pembayaran ini populer karena praktis dan menyediakan fasilitas tambahan seperti poin reward, diskon tambahan, dan event keanggotaan lainnya. Hampir semua toko online menyediakan opsi pembayaran dengan kartu kredit. Keberadaan kartu kredit, baik lokal maupun internasional, membuatnya diminati. 

Penerimaan kartu kredit memungkinkan pemilik bisnis memperluas usahanya ke luar negeri tanpa batasan geografis. Meskipun umum digunakan di pasar maju seperti Amerika Serikat dan Inggris, penetrasi kartu kredit di Indonesia rendah, sekitar 2%, karena proses aplikasi yang rumit dan terbatasnya kepemilikan kartu kredit.

6. PayLater

PayLater atau Buy Now Pay Later (BNPL) adalah opsi pembayaran ketika konsumen dapat membeli sekarang dan membayar nanti dalam angsuran. Bergantung pada mitra PayLater, konsumen dapat memilih dari berbagai rencana pembayaran, termasuk pembayaran satu kali dalam 30 hari atau opsi pembayaran angsuran hingga 12 bulan. 

Setelah memilih rencana pembayaran, pembayaran pinjaman hanya dilakukan antara konsumen dan mitra PayLater, sementara jumlah pembayaran penuh segera diselesaikan/dibayarkan kepada pedagang. Tidak ada risiko bagi pedagang karena mitra PayLater biasanya sudah memiliki mekanisme untuk mengatasi risiko kredit dan chargeback.

7. Kartu Debit

Adalah metode pembayaran yang memudahkan transaksi otomatis dari rekening bank pelanggan ke penjual. Setelah diatur, pembayaran berlangsung tanpa perlu konfirmasi tambahan, sangat cocok untuk tagihan atau pembayaran rutin. Ini menghemat waktu dan mengurangi langkah di proses checkout, membuatnya praktis bagi pelanggan dan penjual.

Dapatkan Akses ke Berbagai Metode Pembayaran Online Favorit Pelangganmu dengan DOKU


DOKU, perusahaan fintech pembayaran yang juga menyediakan layanan payment gateway menawarkan berbagai solusi pembayaran online yang akan memenuhi kebutuhan bisnismu. Kami memahami bahwa setiap pelanggan memiliki pilihan metode pembayaran yang berbeda, sehingga sangat krusial bagi bisnis, sebagai pemilik usaha, untuk menyediakan berbagai opsi pembayaran ini untuk meningkatkan pertumbuhan bisnismu.

Dengan DOKU, kamu bisa mengakses beragam pilihan pembayaran yang telah terintegrasi melalui proses pendaftaran yang sederhana dan integrasi yang mudah. Kami menjamin keamanan transaksi, memastikan kelancaran operasional bisnis. kamu dapat memantau semua transaksi melalui dashboard aplikasi web kami, yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan efisiensi.

Proses pendaftaran di DOKU sangat mudah dan bisa kamu lakukan secara gratis! Jadi, tunggu apa lagi? Bergabunglah sekarang untuk mengalami kemudahan layanan kami dan mendukung pertumbuhan bisnismu dengan solusi pembayaran DOKU. Klik di sini untuk mendaftar langsung dan klik di sini apabila membutuhkan bantuan sales kami, klik di sini sekarang!